RSS

Contoh RPP Bernuansa Karakter Pola EEK SMA

14 Mar

Contoh RPP Bernuansa Karakter Pola EEK SMA
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : …………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah Nasional
Kelas/semester : X/I
Standar kompetensi : 1. Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
Alokasi waktu : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap ilmu sejarah
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya mempelajari sejarah
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat menghargai sejarah,
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian sejarah dan kegunaan sejarah
2. Pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah.
C. Metode
Ceramah bervariasi dan penugasan.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
• Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan. Sehingga muncullah pengertian sejarah.
2). Elaborasi
• Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
• Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi.
3) Konfirmasi
• Guru memberikan klarifikasi.
• Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
• Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini.
2). Elaborasi
• Guru membagi siswa dalam 8 kelompok.
• Tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi kemerdekaan.
• Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
• Kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
• Guru memberikan klarifikasi
Penutup
1. Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Siswa mengisi kuesioner: check list (V)
E. Sumber Pembelajaran
• Buku teks Sejarah SMA
• UUD 1945
• Buku-buku litelatur yang berisi tentang Sejarah
• Artikel-artikel,
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
– Menjelaskan pengertian sejarah.
– Menjelaskan kegunaan sejarah sebagai edukatif.
– Menjelaskan kegunaan sejarah sebagai rekreatif.
• Penilaian diri
Penilaian antar teman
Quesioner
Lembar penilaian antar teman
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO PERNYA-TAAN YA TDK
1 Kita perlu mempelajari sejarah
2 Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja
3 Belajar sejarah tidak harus disekolah
3 Sejarah berguna untuk mengenang pahlawan
4 Sejarah adalah cerita yang dibuat-buat
Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
Penialain perilaku melalui pengamatan ( Instrumen terlampir ).
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(__________________________)
NIP/NIK : ………………………… …..,………………… 20 …….
Guru Mapel
(_______________________)
NIP/NIK : …………………………

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 14, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: