RSS

Menjadi muslim itu mudah jendral,, tapi menjadi Mu’min belum tentu…

25 Des

Muslim itu adalah orang yang beragama islam, orang yang sudah mengucapkan dua kalimat syahadat, meskipun dia tak pernah tau hakikat dari apa yang ia ucapkan. Islam terdaftar dalam identitas diri, sudah cukup membuktikan bahwa ia seorang muslim/ah.

Menjadi muslim cukup tau bahwa ada syariat yang mengatur kehidupan, meskipun tidak diamalkan. Menjadi muslim cukup tahu bahwa Allah tuhannya, Muhammad nabinya, cukup mengerjakan sholat wajib lima waktu, cukup puasa di bulan ramadhan, kalau mampu naik haji.

Muslim hari ini jumlahnya banyak sekali hampir sepertiga popolasi  makhluk di dunia, biarpun hanya sekedar muslim KTP saja. Warna-warni muslim hari ini juga sangat beragam. Berislam tapi tidak mengaplikasikan islam, mampu member fatwa tapi tak mampu mengerjakan, mampu berdebat tapi kalah implementasi, pembaca Al-qur’an tapi lalai menghayati dalam kehidupan.

Wahai teman, menjadi muslim/ah sangat mudah, tapi tidak menjadi Mu’min. mu’min adalah orang yang ber-IMAN. Maka apa defenisi iman?

Iman adalah meyakini dalam qolbu, mengakui dengan lisan, melakukan dengan amal perbuatan, maka konsekwensinya berat, tidak bisa pincang salah satunya. Kalau sekedar meyakini Allah adalah Ilah kita dalam hati, dan mengakui dengan lisan namun tidak tampak dari amal kita maka itu tidak bisa disebut dengan iman. Banyak yang mengaku Allah sebagai Tuhan, tiada tuhan selain Allah tapi masih mengandalkan hal-hal lain untuk menolongnya, masih banyak praktik syirik, masih banyak yang mengesampingkan pengakuan itu. Kalaulah Allah diatas segala-segalanya, maka takkan ada melalaikan perintah-Nya, maka takkan ada perpecahan, maka takkan ada pengkafiran sesame muslim, maka takkan ada ideology-ideologi palsu buah pikiran manusia, maka takkan ada cinta diatas cinta-Nya.

Tapi buktinya?? Banyak penyimpangan-penyimpangan, kebebasan dijadikan azas tapi toh tetap tidak bisa menyelesaikan masalah, malah tambah ruet. Semua tidak mau diatur, tapi malah sibuk buat aturan, bukankah aturan Tuhanmu sudah sempurna? Semua tidak mau kalah, tapi malah sibuk mencari dalil untuk saling mengalahkan, bukankah Dalil Tuhanmu sangat kuat? Semua mau mencari pembenaran sendiri demi menguntungkan hak pribadinya.

Mana buktinya jika Allah Tuhan kita? Aurat tak kunjung ditutup, pergaulan meraja lela, bebas-bebas yang tak berdasarkan aturan,, setelah kena batunya baru menyesal, untuk apa? Mengaku Allah penguasa aturan, tapi masih juga mencari aturan sendiri untuk membela diri,, sungguh kala mereka yang berpegang teguh pada ATURAN ALLAH bukanlah makhluk yang berpikiran sempit sobat,, mereka haqqul yakin dengan semua yang telah Allah gariskan, maka tak layak kita memperindah retorika kita demi membenarkan perlakuan yang tak sesuai syara’.

“ mereka yang memegang kebaikan bagaikan memegang bara api” benar apa yang Rasul sabdakan, yang benar hari ini harus merasakan bara itu,, dibalik kesungguhan itu banyak rintangan yang siap menentang, banyak ideology yang siap menjatuhkan prinsip. Esensi apa yang kau pertanyakan? Bukankah sudah jelas apa esensi agama ini? Agama ini agama tauhid. Maka jika tauhidmu benar maka benarlah agamamu,, bukankah Rasul dan para sahabat telah memberikan contoh nyata dalam bertauhid? Maka kepiwaiaianmu dalam mencari esensi lain itu akan menjadi senjata mematikan bagimu kelak. Maka maha benar Allah yang mengutus Muhammad sebagai pemberi peringatan dan pemberi kabar berita bagi yang beriman..

“ berislamlah secara kaffah” jangan setengah-setengah. Mengucapnya mudah, karena memang lidah tak bertulang, tapi berat tanggung jawabnya. Jauhilah bagimu berdebat karena Rasul tidak mengindahkan masalah debat, meskipun kita dalam keadaan benar. “Seandainya kalian tahu apa yang aku ketahui maka kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis”.

Wallahu a’lam bishowab.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 25, 2010 in Uncategorized

 

2 responses to “Menjadi muslim itu mudah jendral,, tapi menjadi Mu’min belum tentu…

  1. nahidhu

    Januari 5, 2011 at 3:54 pm

    subhanallah. . .

     
  2. ziazakiyah

    Januari 7, 2011 at 12:01 pm

    nice,, thanks y dek…😀

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: